4 Fakta Terbaru Kaburnya Napi Peristiwa Narkoba WN China dari Lapas Tangerang

Liputan6. com, Jakarta – Aparat kepolisian masih terus menyelidiki kasus kaburnya Cai Changpan alias Cai Ji Fan, napi narkoba berkewarganegaraan China dari Lapas Klas 1 Tangerang.

Diketahui, napi Cai Changpan menggali lubang atau gorong-gorong dari sel ke luar Lapas Tangerang dengan panjang sekitar 30 meter. Kejadian ini sudah dibenarkan Kalapas Klas I Tangerang Jumadi pada Jumat, 18 September 2020.

Kepolisian pun masih terus mengumpulkan bukti-bukti. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, pemeriksa menemukan kejanggalan pada saat penyelidikan.

“Kalau kita hitung ada tiga sif di danau. Sif pertama yang harus cek langsung, kemudian sif kedua sesuai dan baru sif ketiga keahlian kalau yang bersangkutan (Cai Changpan) kabur, ” kata Yusri pada Polda Metro Jaya, Rabu, 30 September 2020.

Selain itu menurut Yusri, Cai Changpan lebih dahulu mencuri handphone rekannya ketika hendak kabur dari organ.

Berikut 4 tanda terbaru kasus kaburnya Cai Changpan alias Cai Ji Fan, napi narkoba berkewarganegaraan China dari Lapas Kelas 1 Tangerang dihimpun Liputan6. com :

2 dari 6 halaman

Temukan Kejanggalan, Ada yang Angkat?

Kepolisian masih mengumpulkan bukti-bukti untuk mengungkap kasus kaburnya Cai Changpan alias Cai Ji Fan, napi narkoba berkewarganegaraan China dari Lapas Kelas 1 Tangerang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, penyidik menemukan keganjilan bilamana penyelidikan kasus napi Lapas Tangerang kabur.

Tempat mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan, aparat lapas mengetahui Cai Changpan melarikan diri 11 jam setelah perkara.

“Kalau kita kurang ada tiga sif di situ. Sif pertama yang harus memeriksa langsung, kemudian sif kedua cocok dan baru sif ketiga mengetahui kalau yang bersangkutan (Cai Changpan) kabur, ” kata Yusri dalam Polda Metro Jaya, Rabu, 30 September 2020.

Menurut dia, penyidik mendalami setiap peluang. Termasuk indikasi keterlibatan orang asing yang membantu Cai Changpan di melarikan diri.

“Kenapa dia bisa melarikan diri kita masih dalami apa ada implikasi dari petugas lapas atau aparat lainnya, ” ucap Yusri soal napi Lapas Tangerang kabur.

“Masih kita dalami seluruh. Apa kemungkinan akan adanya implikasi adanya orang-orang yang membantu dia melarikan diri, ” lanjut dia.

3 dari 6 halaman

Periksa Istri

Yusri menjelaskan, sudah ada 14 orang yang dimintai keterangan sebagai saksi. Antara lain istri dari Cai Changpan & beberapa warga yang tinggal dekat kediaman tersangka.

Penuturan istri tersangka menyatakan, suaminya tahu mampir ke kediamannya di Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

“Tersangka setelah melarikan diri lantaran lapas itu sekitar 4, 5 jam sudah sampai ke sana di kediamannya. Ini yang kita lakukan pendalaman di sana, ” tandas Yusri.

4 dari 6 halaman

Sempat Curi Handphone Teman Satu Sel

Salah seorang napi yang menghuni sel bersama Cai Changpan turut dimintai keterangan sebagai saksi.

Yusri menerangkan, Cai Ji Fan tak ditahan seorang muncul. Ada beberapa napi yang menghuni satu sel dengannya. Salah satunya adalah napi asal Singapura.

Kepada penyidik, napi tersebut menjelaskan Cai Changpan lebih dahulu mencuri handphone rekannya ketika bermaksud kabur dari sel.

“Teman satu selnya bilang tersangka sudah melarikan dan bahkan tahu membawa hp dari si teman satu kamarnya atau satu organ tersangka tersebut, ” kata Yusri.

5 dari 6 halaman

Petugas Sel Berdalih

Yusri mengungkapkan, berbagai macam dalih disampaikan petugas Lapas Tangerang saat pemeriksa Polda Metro Jaya mencecarnya secara pertanyaan seputar kronologi kaburnya napi narkoba Cai Changpan.

Yusri mengaku, penyidik masih mendalami semua keterangan petugas Lapas Tangerang yang saat itu berjaga.

Ada beberapa yang menurutnya perlu digali lebih dalam. Jarang lain keterangan dari petugas dengan menjaga pusat rekaman CCTV.

“Petugas yang berjaga dalam menara bilamana itu ketiduran. & juga petugas yang jaga CCTV juga di center di lapas pada saat kita melakukan penyeliaan juga ketiduran mengakunya. Ini dengan masih kita dalami semua, ” tutup Yusri.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan dalam Bawah Ini: