Adjuster: Ketua dan Panglima FPI Penuhi Panggilan, Bukan Menyerahkan Diri

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

Liputan6. com, Jakarta – Ketua Bantuan Hukum FPI Sugito Atmo Prawiro menyatakan, kedatangan Ketua Front Pembela Islam Shobri Lubis serta Panglima FPI Maman Suryadi, tidak tindakan menyerahkan diri. Dia menetapkan, keduanya datang untuk memenuhi panggilan dan menjalani pemeriksaan terkait kasus pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

“Kami datang bukan buat menyerahkan diri, kami datang buat diperiksa, ” tegas Sugita pada Mapolda Metro Jaya, Senin (14/12/2020).

Tempat menilai, menyerahkan diri dan menyikapi pemeriksaan adalah dua hal yang berbeda. Sebab, panggilan terhadap perut petinggi FPI  itu baru dilakukan sebanyak dua kali, dan belum dalam tahap dijemput paksa atau penangkapan.

“Kalau misalnya itu panggilan ketiga, baru tak datang, boleh jemput paksa, ” jelas Sugito.

Lamun demikian, Sugito membenarkan kliennya hari ini diperiksa sebagai tersangka & bukan lagi saksi. Para kliennya, ditetapkan polisi sebagai tersangka peristiwa kerumunan massa pada acara maulid nabi FPI dan pernikahan di Petamburan, bersama Rizieq Shihab.

“Ya (awal) dipanggil saksi, sekarang sudah tersangka, dan ana sudah janjian jam 10 buat diperiksa sebagai tersangka, ” Sugito menandasi.

2 dari 3 halaman

Ultimatum Polda Metro Jaya

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menegaskan, pihaknya tidak segan untuk menangkap dua tersangka peristiwa dugaan pelanggaran protokol kesehatan  Covid-19  terkait kerumunan massa pada acara Pemimpin  FPI  Rizieq Shihab  di Petamburan, Jakarta

“Kami sudah ultimatum, dua opsi dengan kami berikan. PMJ memberikan perut opsi, pertama menyerahkan diri atau akan kita tangkap, ” tagas Yusri di Jakarta, Minggu (13/12/2020).

Yusri berharap supaya keduanya segera menyerahkan diri. Sebab kalau tidak, pihaknya tak ragu untuk menangkap dua orang dari  FPI  itu.

“Kami juga mengharapkan yang dua lagi sampai dengan saat sekarang itu belum menyerahkan diri untuk cepat menyerahkan diri, ” kata dia.

Yusri menjelaskan, seusai Pimpinan FPI  Rizieq Shihab  resmi ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya pada Minggu pagi buta (13/12/2020), tiga dari lima karakter tersangka yang belum diperiksa langsung menyerahkan diri. Mereka datang didampingi dengan kuasa hukumnya.

“Tadi pagi sekitar pukul 01. 00 WIB, tiga orang daripada kelima orang tersebut menyerahkan muncul ke PMJ (Polda Metro Jaya). Pertama atas nama Haris Ubaidilah sebagai Ketua Panitia, kemudian ke-2 segera Idrus, ketiga atas nama Ali Alwi Alatas, ” kata pendahuluan dia.

“Ketiga karakter tersebut dibawa bersama-sama dengan pengacaranya mendatangi Polda Metro Jaya, menyerahkan diri pada Polda Metro pasti kita laksanakan dengan kegiatan aturan kesehatan, ” jelas Yusri.

3 sejak 3 halaman

Saksikan Gambar Pilihan di Bawah Ini: