Ketua-Laskar FPI Diperiksa Lagi Terkait Kerumunan Petamburan dan Kasus Rizieq Shihab

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

Liputan6. com, Jakarta – Kedua tersangka kasus pelanggaran aturan kesehatan terkait kerumunan di kediaman Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ahmad Shabri Lubis dan Panglima Laskar Pembela Islam (LPI) Maman Suryadi masih menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Hal itu dikabarkan pengacara FPI Aziz Yanuar. Tempat mengatakan, pemeriksaan simpatisan Rizieq Shihab itu masih berlangsung, sejak keduanya memenuhi panggilan penyidik pada Senin 14  Desember.

“Masih belangsung (pemeriksaan), ” kata Aziz saat dikonfirmasi  Merdeka , Selasa (15/12/2020).

Aziz menyampaikan, kedua melanjutkan pemeriksaan kembali setelah istirahat di pukul 02. 00 WIB sebetulnya.

“Makanya dini keadaan tadi istirahat, karena baik sebab keduanya maupun penyidik butuh istirahat, ” ujar Aziz.

Pada pemeriksaan kemarin ini, Aziz menyebut, Ahmad Shabri Lubis mendapat 63 pertanyaan sedangkan Maman 62 pertanyaan. Dia membenarkan dari semesta pertanyaan, ada sekitar 40 perkara yang tidak dijawab, lantaran tak mengetahui keterangan yang ditanyakan oleh penyidik.

“Karena dasar tidak tahu, ” kata Teragung.

Aziz menambahkan, ke-2 klienya masih akan jalani penjagaan untuk perbaikan materi di informasi acara pemeriksaan (BAP) sebagai simpulan kasus kerumunan di Petamburan.   Keduanya juga  akan diperiksa sebagai  saksi  dalam kasus penghasutan & melawan petugas atas tersangka Rizieq Shihab.

“Masih semuanya (pemeriksaan sebagai tersangka dan saksi), ” kata Aziz.

Rizieq Shihab disangkakan dengan pencetus berlapis yaitu Pasal 93 tentang UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Lalu, Rizieq juga dikenai dugaan penghasutan di muka umum sebagaimana dimaksud Bab 160 KUHP jo Pasal 216 KUHP. Dengan ancaman pidana penjara maksimal enam penjara.

2 dari 3 halaman

Kata Polisi

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan kedua tersangka yakni Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ahmad Shabri Lubis dan Panglima Laskar Pembela Islam (LPI) Mamandilakuka sedang menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, usai menganjurkan diri pada Senin 14  Desember 2020.

“Sementara penyeliaan masih berlanjut. Nanti kita nanti hasilnya (pemeriksaan) seperti apa, ” jelas Yusri kepada wartawan dalam Mapolda Metro Jaya, Senin (14/12).

Keduanya pun sudah menjalani rangkaitan tes kesehatan dengan menjadi aturan protiokol kesehatan sebelum dilakukan pemeriksaan.

“Sudah dilakukan prokses, kita lakukan swab test antigen hasilnya negatif. Lalu dilanjtkan pemeriksaan pada kedua orang itu, ” kata Yusri.

Sebelumnya, Shabri Lubis serta Maman ikut terlibat dalam rencana kegiatan Maulid Nabi dan ijab kabul putri Rizieq di Petamburan, Jakarta, beberapa hari lalu. Sobri Lubis saat itu bertugas sebagai penjamin jawab acara, sedangkan Maman bertugas sebagai pengasuh bidang keamanan.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Mandiri

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Tersebut: